Sabtu, 19 Januari 2013

CARA MEMBUAT PRESENTASI YANG MENYENANGKAN

Kamu bisa buat presentasi yang menyenangkan bahkan kalau itu bukan topik yang paling menarik sedunia sekalipun. disini ada beberapa tips untuk membuat presentasi yang menyenangkan bagi audienmu:





TAHAP PERTAMA
Sebelum kamu merencanakan yang menyenangkan, kamu harus rencanakan hal dasar dulu:

Memperhatikan topik presentasi kamu itu penting. Pastikan kalau kamu paham mengapa kamu melakukan presentasi dan apa yang ingin dicapai

Tanyakan pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan penting untuk membantu pemahamanmu. mengapa presentasi ini penting?apa yang akan kamu beritahu pada audien kalau mereka belum tahu? kalau kamu berperan sebagai audien, apa yang akan membuatmu bernilai saat mendengar presentasi? informasi baru? ide ide baru? semakin banyak kamu bertanya, semakin bagus presentasimu nanti

Kalau memang topik yang kamu bahas adalah topik yang sudah kusam, maka satu hal yang dapat kamu lakukan adalah mengakuinya

Kamu bisa melakukan presentasi dengan sedikit humor "Percayalah- saya tahu ini bukan topik yang sangat menarik tapi saya sudah berencana untuk membuat waktu ini dapat menyenangkan kamu sekalian".

TAHAP KEDUA
Libatkan Audien. mendengarkan orang bicara selama 20 menit itu tidak menyenangkan. kamu memang pengendali presentasi tapi bukan berarti audien harus mendengar darimu terus, audien akan merasa dihargai bila dilibatkan.

Ajukan pertanyaan. mendorong audien untuk berpikir aktif tentang subjek presentasimu. meminta audien "apakah ada yang punya petanyaan?" ini merupakan sikap yang baik. coba tanyakan pada audien pertanyaan terbuka seperti "apa sepek yang paling sulit atau frustasi dari perangkat lunak baru buat anda 

Mintalah orang lain untuk membaca informasi yang kamu punya. memilih orang secara acak untuk membacakan slide atau menjelaskan poin bahasan

Apakah kamu sudah tahu kalau kemungkinan ada beberapa anggota audienmu yang bakal terganggu, bosan atau bahkan kritis pada presentasimu? kamu mungkin akan meminta mereka untuk membantumu selama presentasi. bahkan kamu bisa menelpon mereka sehari sebelum presentasi dan meminta mereka untuk mengajukan pertanyaan pada hari H

Ukuran audien yang semakin besar akan semakin sulit untuk melibatkan audienmu. mintalah mereka untuk berpikir tentang bagaimana tanggapan mereka terhadap presentasimu secara pribadi. ajukan pertanyaan yang bijaksana. meskipun audienmu mungkin terlalu besar untuk mendapatkan jawaban dari mereka semua, yang jelas kamu telah membuat mereka berpikir

Kalau kamu berdiri diatas panggung, cobalah turun dari panggung dan berjalan disekitar audien. salah satu dosen favorit saya saring mengejutkan saya yang tiba-tiba hadir dari belakang. tidak ada seorang pun yang pernah tertidur dikelas bahkan barisan belakang sekalipun.



TAHAP KETIGA
Kejutkan audienmu. pikirkanlah kembali apakah presentasimu benar-benar dinikmati mereka. kemungkinan ada presenter yang melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan dalam pesentasi yang lain. mungkin mereka punya gaya yang unik dan  ditangani dengan cara yang sangat baru dan menarik. kalau kamu ingin presentasimu jadi menyenangkan, kejutkan audienmu. berikut daftar yang perlu kamu perhatikan:

Memutar musik sebagai intro, atau bahkan selama presentasi. tambahkan file musik ke slide Powerpointmu, atau bahkan memutar musik dari Ipodmu

Memutar klip lucu untuk menggambarkan poin dalam presentasimu. iklan TV lucu dan bahkan film kecil atau acara TV  juga dapat memperkuat poin presentasimu dengan menyenangkan.

Ajukan pertanyaan dan berikan hadian kecil untuk jawaban yang benar. sungguh menakjubkan apa yang bakal dilakukan audien supaya dapat BarKit gratis. kamu bahkan bisa membagikan permen dan cokelat kecil buat mereka.

Masukkan pertanyaan audienmu pada sebuah mangkuk dan mereka memilih secara acak. kamu bisa menempatkan pertanyaan dibawah kursi atau menyembunyikannya dan memeinta mereka untuk menemukan pertanyaan tersebut.

Siapa bilang presentasimu harus berada di ruangan? buat semua orang berjalan dan duduk dibawah sinar matahari. pindahkan audienmu de ruangan yang berbeda setiap 5 menit. matikan lampu dan nyalakan lilin. bila perlu kamu juga bisa gunakan ruang makan untuk presentasimu sambil  makan siang. atau keluarkan semua kursi dari ruangan dan buat semua orang duduk dilantai.

Semakin kamu mencoba membuat presentasi yang mengejutkan semakin menyenangkan.


Tips
Tidak peduli seberapa menyenangkan presentasimu, sulit bagi audienmu untuk berkonsentrasi kalau mereka terlalu dingin atau terlalu panas atau tampak kelelahan sebelum kamu mulai. sebelum memulai presentasi, periksa temperatur ruangan dan pastikan suhu yang nyaman untuk semua orang. 

Kalau audien terlihat lelah, bisa menyarankan mereka untuk berdiri dan melakukan peregangan atau bahkan istirahat untuk jalan-jalan kecil atau membuat kopi sendiri atau menghirup udara segar. kalau memungkinkan, cobalah sediakan air dan makanan ringan untuk audienmu.

Kalau kamu telah melihat presentasi menyenangkan yang dilakukan dengan oleh orang lain, mintalah nasehat mereka. presenter biasanya sangat murah hati dengan ide-ide mereka dan sangat akan senang membantu kamu.

Kamu cukup beruntung memiliki audien yang mau bertanya atau menjawab pertanyaanmu, selalu lakukan terima kasih keapda mereka.

Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Copyright © Celotehtahulotek | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑