Minggu, 20 Januari 2013

How to Develop Good Communication Skills


Kemampuan berkomunikasi secara efektif penting dalam hubungan, pendidikan dan perkerjaan. berikut ini ada beberapa langkah dan tips untuk membantumu mengembangkan keterampilan komunikasi yang baik.


Understanding the Basics of Communication Skills

KENALI APA KOMUNIKASI ITU SEBENARNYA. Komunikasi adalah proses mentransfer sinya atau pesan antara pengirim dan penerima melalui berbagai metode seperti kata-kata tertulis, isyarat nonverbal, kata-kata yang diucapkan dsb. komunikasi juga merupakan mekanisme yang kita gunakan untuk membangun dan memodifikasi hubungan.



MILIKI KEBERANIAN UNTUK MENGATAKAN APA YANG KAMU PIKIRKAN. Percaya dirilah bahwa sebenarnya kamu bisa memberi kontribusi berharga untuk percakapan. Luangkan waktu setiap hari untuk menyadari (mempertimbangkan) perasaan dan pendapatmu sehingga kamu bisa menyampaikannya kepada orang lain. Tidak perlu ragu-ragu untuk berbicara hanya karena merasa masukannya tidak bermanfaat. Apa yang bermanfaat untuk satu orang mungkin tidak berguna pada yang lain dan mungkin bisa jadi lebih bermanfaat bagi orang lain.

PRAKTEK. Mengembangkan keterampilan komunikasi yang canggih dimulai dengan interaksi sederhana. Keterampilan komunikasi dapat dipraktekkan setiap hari. Keterampilan baru membutuhkan waktu memperbaiki, tapi setiap kali kamu menggunakan keterampilan komunikasimu, kamu telah membuka diri pada peluang dan kemitraan di masa depan.




Engage Your Audience

LAKUKAN KONTAK MATA. apakah kamu berbicara atau mendengarkan, lihatlah kedalam mata seseorang dengan siapa kamu berbicara, hal itu dapat membuat interaksi lebih sukses. Kontak mata memberikan makna ketertarikan dan mendorong lawan bicaramu menjadi tertarik padamu.



Salah satu teknik untuk membantu adalah melihat secara sadar ke salah satu mata lawan bicara atau pindah ke mata yang lain kalau lawan bicaranya lebih dari satu. Trik lainnya adalah dengan membayangkan huruf 'T' atau 'segitiga' pada wajahnya, dengan membuat garis imajiner horizon pada alis mata dan garis vertikal pada batang hidung atau garis antara mata kiri-kanan dan mulut.

GUNAKAN GERAKAN. Langkah ini termasuk gerakan menggunakan tangan dan wajah. Buat percakapan menggunakan seluruh tubuhmu. Gunakan gerakan yang lebih ringan atau sederhana untuk seseorang dan kelompok kecil.



JANGAN MENGIRINKAN PESAN CAMPURAN. Membuat kata-kata, gerak tubuh, ekspresi wajah dan nada yang cocok. Memengaruhi seseorang sambil tersenyum dengan pesan campuran sangat tidak efektif. Jadi kalau kamu harus menyampaikan pesan secara negatif, buatlah kata katamu, ekspresi wajah dan nada yang cocok dengan pesan yang ingin kamu sampaikan.

SADARI APA YANG TUBUHMU KATAKAN. Bahasa tubuh busa mengatakan begitu banyak makna dari pada seteguk kata kata. Sikap terbuka dengan tangan rileks di samping tubuhmu ini memberitahukan bahwa kamu siap untuk didekati dan terbuka untuk mendengarkan apa yang ingin dia katakan.



Lengan disilangkan dan bahu membungkuk. disisi lain, menunjukkan tidak tertarik dalam percakapan atau keengganan untuk berkomunikasi. seringkali, komunikasi dapat dihentikan sebelum dimulai hanya dengan bahasa tubuh.

Postur dan sikap yang tepat bisa membuat percakapan yang sulit mengalir lebih lancar.

MANIFESTASI SIKAP DAN KEYAKINAN. Sikap yang kamu bawa ke proses komunikasi berdampak besar pada interaksimu dengan orang lain. Pilihlah sikap jujur, sabar, optimis, hormat dan terbuka.Pekalah terhadap perasaan orang lain dan percaya pada kemampuan orang lain.

MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MENDENGARKAN YANG EFEKTIF. Tidak hanya mampu berbicara secara efektif, seseorang harus mendengarkan kata kata orang lain dan terlibat dalam komunikasi percakapan orang lain. Hindari untuk mendengarkan akhir kalimatnya saja sehingga kamu bisa menyemburkan ide ide atau kenanganmu saat orang lain sedang berbicara.



Use Your Words

UCAPKAN KATA KATAMU. Berbicaralah dengan jelas dan tidak bergumam. Kalau orang memintamu to mengulangi percakapanmu. Cobalah untuk melakukannya dengan baik, mengartikulasikan dirimu dengan cara yang lebih baik.



UCAPKAN KATA KATAMU DENGAN BENAR. orang akan menilai kompetensimu melalui kosakatamu. kalau kamu tidak yakin bagaimana cara mengucapkan kata, jangan menggunakannya.

GUNAKAN KATA KATA YANG TEPAT. Kalau tidak yakin tentang arti suatu kata, jangan menggunakannya. Ambil sebuah kamus dan mulailah kebiasaan belajar satu kata baru perhari.

PELANKAN BICARAMU. Orang orang akan melihatmu bersikap gugup dan tidak yakin pada diri sendiri ketika kamu berbicara cepat. Namun, berhati hatilah untuk tidak memperlambat bicaramu dimana orang orang mulai ingin mengakhiri percakapan itu.




Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Copyright © Celotehtahulotek | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑